Home » » Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG)

Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG)

Written By admin on Kamis, 28 Juni 2012 | 09.34

Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG)
Pondok Pesantren Mawaridussalam

Bidang Penelitian dan Pengembangan yang disingkat dengan LITBANG merupakan think-thank bagi Pondok Pesantren Mawaridussalam. Dari bidang ini diharapkan muncul konsep-konsep yang dibutuhkan untuk pengembangan pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren, baik berupa gagasan murni maupun hasil dari penelitian. Di samping itu, bidang ini juga menangani pengembangan ilmiah santri dan guru melalui berbagai kegiatan ilmiah dan penerbitan buku, jurnal Pondok Pesantren dan majalah santri.
Berikut biro-biro yang ada di bidang LITBANG:

1. Biro Pengembangan Minat dan Bakat (PMB)

Biro ini bertanggungjawab terhadap pengembangan minat dan bakat santri, melalui berbagai kegiatan antara lain; kursus komputer “Mawaridussalam Computer Center” (MCC) yang wajib diikuti oleh seluruh santri kelas III Intensif dan Kelas IV, pembinaan skill menulis santri melalui pelatihan pers dan jurnalistik tingkat dasar yang juga wajib diikuti oleh seluruh santri kelas III Intensif dan kelas IV, penerbitan koran santri ‘Mawaridussalam Pos’ (MP) dan penerbitan majalah santri. Semua penerbitan tersebut benar-benar dikelola dan diusahakan oleh santri sebagai bentuk pelatihan dan pengembangan bagi mereka.

2. Biro Syllabus

Biro ini berperan dalam menelaah kurikulum KMI, mengusulkan perubahan dan pengembangan kurikulum kepada Majelis Pengasuh/Pimpinan dan Kabid Pendidikan. Di samping itu, biro ini juga mengkoordinir guru-guru dalam pengadaan diktat pelajaran, dengan tujuan penyamaan persepsi dan keterangan antar guru.

3. Biro Perpustakaan

Biro ini menangani pengelolaan Perpustakaan Pondok Pesantren, dari pembelian buku, proses katalogisasi sampai pengelolaan santri. Di samping itu juga berperan dalam pembinaan ilmiah santri melalui kelompok-kelompok kajian santri yang dibinanya.

4. Biro Kaderisasi

Biro ini berperan untuk memonitor dan menyaring calon-calon kader untuk diusulkan kepada Majelis Pengasuh/Pimpinan, untuk kemudian diteruskan kepada Nazhir Wakaf. Juga bertanggungjawab terhadap pembinaan kader selama dalam masa studi dan pemberdayaannya saat mengabdi di Pondok Pesantren Mawaridussalam.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mawaridussalam-id - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger