Home » » Bidang Usaha

Bidang Usaha

Written By admin on Thursday, June 28, 2012 | 8:37 AM

Bidang Usaha Milik Pondok Pesantren ( BUMP )

Salah satu jiwa Ponpes Mawaridussalam adalah kemandirian, yang merupakan urat nadi kelangsungan bagi kehidupan Pondok Pesantren. Karena dengan kemandirian itu, Pondok Pesantren dapat menghidupi dirinya, dan tidak menggantungkan diri kepada bantuan pihak lain. Ponpes Mawaridussalam selalu dan secara berkelanjutan berusaha menciptakan unit usaha yang dikelola secara mandiri oleh para guru dan santri. Unit usaha tersebut guna menunjang proses pendidikan, pengajaran dan pengasuhan, sekaligus sebagai pengejawantahan panca jiwa yaitu mengembangkan khizanatullah. Untuk itulah, meski dengan berbagai keterbatasan, Ponpes Mawaridussalam telah membentuk Bidang Usaha Milik Pondok Pesantren (BUMP) yang langsung berkonsentrasi mengurusi pemberdayaan gerakan ekonomi di Ponpes ini.
Beberapa usaha yang telah berjalan antara lain:

Toko dan Warung Pelajar

Untuk memenuhi kebutuhan santri, Ponpes Mawaridussalam membuka toko dan warung pelajar yang menyediakan dan menjual segala kebutuhan santri. TOWAPEL ini diurusi sendiri oleh santri di bawah bimbingan dan pengawasan guru-guru. Karena guru-guru di sini tidak hanya bertugas mengajar, tapi menjadi pendidik 24 jam bagi santri dan membantu Majelis Pengasuh dan Pimpinan Ponpes dalam mengasuh dan menjalankan semua program Ponpes Mawaridussalam. Setelah memulai usaha sejak tahun perdana lalu, pada tahun kedua ini, TOWAPEL semakin besar dan tertata administrasi dan manajemennya, sehingga turut menyumbang devisa bagi Ponpes Mawaridussalam.

Loundry

Usaha loundry ini diadakan mengingat usia santri yang belum bisa mandiri secara penuh, dan karena padatnya kegiatan yang menyita banyak waktu. Selain memiliki nilai bisnis, kegiatan ini juga untuk meminimalisir kehilangan pakaian dan mendisiplinkan santri. Di samping itu, laundry ini juga merupakan upaya ponpes dalam memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar, sehingga terjalin hubungan simbiosis mutualisma antara keduanya.

Studio Foto

Banyaknya kegiatan tentunya menghasilkan foto dokumentasi yang banyak juga. Di samping untuk dokumentasi pondok pesantren, foto-foto itu juga bernilai bisnis dengan cara dijual kepada santri. Pekerjaan ini ditangani oleh Biro Studio Foto yang untuk sementara ini masih di-cover oleh staff bendahara. Usaha ini tidak hanya berorientasi pada profit, tapi juga mengemban misi pendidikan dengan mengajari santri teknik memotret yang baik dan memroses kegiatan potografi dari awal hingga akhir.

Warung Telekomunikasi (Wartel)

Untuk menciptakan miliu pendidikan secara penuh dan bebas dari pengaruh negatif teknologi informasi, maka Ponpes Mawaridussalam melarang santrinya membawa alat-alat elektronik, termasuk hand phone. Dengan intensitas komunikasi antara santri dengan walinya, maka Ponpes Mawaridussalam membuat usaha wartel, yang diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber devisa.
Karena kabel telpon belum sampai pada areal kampus Ponpes Mawaridussalam, usaha wartel ini dimulai dengan menyediakan hand phone dengan berbagai jenis sim card, sehingga membuat arus komunikasi lebih lancar dan murah.

Penanaman Jabon

Sabtu, 23 Juli 2011 menjadi momen bersejarah bagi BUMP Ponpes Mawaridussalam, di mana hari itu diadakan acara ‘go green, save aur earth’ penanaman 3000 Jabon oleh Baitul Mal Mu’amalat (BMM), Bank Mu’amalat Indonesia (BMI), Tokoh Masyarakat Deli Serdang dan Keluarga Besar Ponpes Mawaridussalam. Penanaman jabon ini merupakan bagian dari komitmen BMM dan BMI terhadap dunia pendidikan dan keseimbangan lingkungan. Ponpes Mawaridussalam menyediakan lahan kurang lebih 3 hektar untuk areal jabon ini. Selain untuk penghijauan, jabon ini merupakan investasi menjanjikan. Karena dalam jangka 5 sampai 6 tahun, tanaman itu bisa dipanen sebagai modal pengembangan Ponpes Mawaridussalam.

Perkebunan, Perikanan dan Pertanian

Dengan luas 10,5 hektar, memungkinkan bagi Ponpes Mawaridussalam untuk membuat proyek perkebunan, pertanian dan perikanan. Usaha perkebunan saat ini masih pada batas penanaman pohon buah-buahan dan mahoni, juga sayur-mayur (bayam, kacang panjang, terong, kangkung, sawi), cabe, ubi kayu dan jagung. Selain untuk usaha, penanaman pohon ini dapat dijadikan hutan kampus sebagai serapan air, di samping sebagai latihan para santri. Untuk perikanan akan dibudidayakan ikan lele, patin, gurami dan bawal. Sedang untuk pertanian akan diusahakan program tanam padi organik. Selain bernilai bisnis, hal ini akan menjadi keunggulan dan ciri khusus bagi Ponpes Mawaridussalam.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mawaridussalam-id - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger