Home » , » Kegiatan Penunjang Belajar

Kegiatan Penunjang Belajar

Written By admin on Sunday, January 27, 2013 | 8:07 AM

1. Kursus Komputer

Untuk membekali skill santri, Bidang Pendidikan juga mengadakan kursus komputer bagi kelas IV dan V dengan program-program yang mendukung dan menopang kemahiran santri, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Publisher, Microsoft Power Point, Corell Draw dan lain-lain. Kursus ini dimasukkan dalam jadwal resmi KMI sehingga tidak ada alasan bagi santri untuk tidak mengikutinya.

2. Kursus Bahasa

Untuk menunjang pengajaran di kelas, diadakan ekstra kurikuler kursus bahasa asing, yang diadakan pada pagi hari sebelum masuk kelas dan sore hari setelah shalat ashar, tiga kali dalam seminggu.

3. Cerdas Cermat antar Kelas Satu dan Satu Intensif

Untuk menciptakan miliu belajar yang kondusif dan memfokuskan konsentrasi dalam menghadapi ujian kenaikan kelas, KMI Ponpes Mawaridussalam mengadakan cerdas cermat antar kelas satu, dan antar anggota kelas satu intensif. Materi yang dilombakan adalah seluruh mata pelajaran yang mereka pelajari di kelas. Selain tiga orang utusan tiap kelas, pada lomba ini juga melibatkan anggota kelas lainnya dalam lomba menulis kaligrafi dan insya’ (mengarang dalam bahasa Arab).

4. Olimpiade Pelajaran

Setiap tahun KMI Ponpes Mawaridussalam mengadakan olimpiade pelajaran sebagai salah satu media maju dan bersaing antar santri. Pelajaran yang dilombakan ditetapkan secara bergiliran setiap tahun, dibagi menjadi dua grade, yaitu yunior dan senior. Sebelum memasuki babak final, para peserta terlebih dahulu melewati beberapa babak kualifikasi.

5. Portofolio Santri

Di antara kelemahan administrasi pada ponpes maupun sekolah adalah tidak terdatanya perkembangan anak didik secara berkesinambungan. Bahkan sering data tentang anak didik dianggap sepele dan hilang begitu saja. Padahal seluruh data tentang anak didik sangat penting untuk bahan evaluasi pengelolaan dan pembinaan pada sebuah lembaga pendidikan.
Berangkat dari fenomena inilah, Ponpes Mawaridussalam sejak awal ingin mengumpulkan data tentang perkembangan anak santrinya dalam sebuah file portofolio. Setiap santri memiliki file khusus tentang perkembangan mereka selama belajar di ponpes ini. Protofolio tersebut meliputi enam aspek, yaitu perkembangan prestasi akademik, perkembangan prestasi non akademik, catatan disiplin, catatan kesehatan, perkembangan mental dan akhlak, catatan pengalaman berorganisasi.
Berkas portofolio selama satu tahun pendidikan dipegang oleh wali kelas masing-masing. Di akhir tahun, portofolio tersebut dikumpulkan kepada Bidang Pendidikan untuk kemudian dilakukan reformasi data sesuai dengan perubahan kelas pada awal tahun pendidikan berikutnya. Dengan etos seperti ini, perkembangan rekam jejak santri dapat tedata dengan cermat selama mereka belajar di Ponpes Mawaridussalam.

6. Piala Bergilir KMI

Pada tahun pendidikan ini, KMI Ponpes Mawaridussalam menyediakan piala bergilir untuk weekly the best class. Setiap minggu, dari hari Sabtu hingga Kamis, ada guru yang bertugas keliling untuk menilai kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan kelas, untuk mengetahui kelas terbaik setiap minggunya. Pada setiap malam Sabtu diumumkan di masjid kelas yang berhak mendapatkan tropi bergilir dari KMI.

7. Pemanggilan Orang Tua

Pada dasarnya, pengajaran dan pendidikan santri tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab KMI Ponpes Mawaridussalam. Namun para orang tua sebagai wali santri juga memiliki peran penting dalam kesuksesan anak didik karena pendidikan itu sesungguhnya dimulai dari keluarga. Ponpes Mawaridussalam menyadari betul perlu adanya kerjasama antara pihak ponpes melalui para wali kelas dan guru dengan wali santri sehingga para wali santri dapat mengetahui perkembangan pendidikan anaknya, memotivasi sang anak serta dapat ditemukan cara penyelesaian masalah yang dihadapai oleh sang anak. Oleh karena itu setiap tahun diadakan pemanggilan orang tua bagi santri yang tidak mencapai nilai standar 5,00. Di sisi lain pemanggilan ini menjadi alat mempererat silaturrahim antara pihak ponpes dengan para wali santri.

8. Pemberian Bea Siswa

Salah satu cara memotivasi anak untuk berprestasi adalah dengan memberikan penghargaan. Alhamdulillah, Ponpes Mawaridussalam telah dapat memberikan penghargaan itu kepada santri yang berprestasi berupa pemberian bea siswa. Hal ini diadakan untuk memompa para santri agar dapat berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat) dan prestasi belajar.

9. Bimbingan Belajar Intensif Persiapan UN MTs dan MA

Setiap menjelang pelaksanaan Ujian Nasuinal (UN), MTs dan MA PP Mawaridussalam mempersiapkan para peserta didik dengan sebaik-baiknya, dengan mengadakan bimbingan belajar intensif.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mawaridussalam-id - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger